Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Posted by Unknown Rabu, 24 Desember 2014 1 komentar
Penyebab Penyakit Gagal Ginjal - Ginjal merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi vital bagi manusia. Tidak hanya untuk menyaring darah dan menyingkirkan produk-produk limbah, ginjal juga berfungsi menyeimbangkan tingkat kadar elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi sel darah merah.
 

Apa Saja Yang Menyebabkan Gagal Ginjal?

 
gagal ginjal
Ada banyak penyebab gagal ginjal, dan pengobatan penyakit yang mendasarinya dapat menjadi langkah pertama dalam memperbaiki kelainan ginjal. Dalam beberapa kasus, kerusakan pada ginjal bisa diperbaiki dan organ vital ini kembali bekerja normal. Namun, dalam situasi lain, kemungkinan kerusakan berlangsung permanen dan hanya bisa dilakukan perbaikan dengan cangkok ginjal. Hemodialis atau kerap disebut cuci darah wajib dilakukan oleh penderitanya sampai proses cangkok ginjal dinyatakan berhasil.
 
Apa penyebab utama gagal ginjal? Ada dua penyebab utama. Gagal ginjal dapat terjadi karena suatu situasi akut atau berpangkal dari masalah yang kronis.
 
Pada gagal ginjal akut, fungsi ginjal hilang dengan cepat. Daftar penyebab sering dikategorikan berdasarkan cedera yang terjadi. Penyebab prerenal terjadi karena penurunan suplai darah ke ginjal. Contoh penyebab prerenal pada gagal ginjal adalah hipovolemia (volume darah terlalu rendah) karena kehilangan darah; dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh (misalnya muntah, diare, berkeringat, demam); asupan cairan yang buruk; pengaruh obat, misalnya obat diuretik mungkin menyebabkan kehilangan air yang berlebihan; dan aliran darah yang abnormal ke dan dari ginjal karena penyumbatan arteri atau vena ginjal.
 
Penyebab lain adalah kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri yang dijabarkan di bawah ini.
 
1. Sepsis, kondisi di mana sistem kekebalan tubuh kewalahan akibat infeksi dan menyebabkan peradangan serta penutupan dari ginjal. Hal ini biasanya tidak terjadi dengan infeksi saluran kemih.
 
2. Obat. Beberapa obat bersifat racun bagi ginjal, termasuk obat anti-inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen. Beberapa obat lain juga memperberat kerja ginjal, termasuk antibiotik seperti aminoglikosida (gentamicin, garamycin, dan tobramycin), litium, dan obat beryodium yang disuntikkan untuk studi radiologi.
 
3. Rhabdomyolysis, yaitu situasi di mana ada kerusakan otot yang signifikan dalam tubuh dan serat otot yang rusak menyumbat sistem penyaringan ginjal. Hal ini dapat terjadi karena trauma, luka parah, dan luka bakar. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dapat menyebabkan rhabdomyolysis.
 
4. Glomerulonefritis akut atau peradangan dari glomeruli, sistim penyaringan dari ginjal. Banyak penyakit dapat menyebabkan peradangan ini, termasuk lupus, granulomatosis Wegener, dan sindrom Goodpasture.
 
Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis berkembang selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Penyebab paling umum dari penyakit ginjal kronis terkait dengan diabetes yang kurang terkontrol; kurang terkontrolnya tekanan darah tinggi; glomerulonefritis kronis; batu ginjal; dan penyakit prostat. Jadi Anda harus lebih berhati-hati dengan menjaga pola hidup sehat, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.
 
Baca juga informasi mengenai Obat Gagal Ginjal
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penyebab Penyakit Gagal Ginjal
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://amehcageur.blogspot.com/2014/12/penyebab-penyakit-gagal-ginjal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Jessica L. Smith mengatakan...

NYABIL KAYU Dr Kasugihan HERBAL MEDICINE MEMBANGKAN AKU DAPATKAN KIDUNG AKU 3 TAHUN HERPES Sampurasun sadayana, am ti Texas Amérika Serikat anu kaserang panyawat (HERPES) saprak taun 2015 sareng ngalaman nyeri konstan, khususna dina tuur kuring. Salila taun kahiji, kuring iman ka Gusti yén kuring bakal disageurkeun sakedik waé. Panyawat ieu mimiti sumebar di sakumna awak kuring sareng kuring parantos dirawat ku dokter, sababaraha minggu ka tukang kuring milarian dina internet lamun kuring tiasa mendakan naon waé inpormasi ngeunaan pencegahan panyakit ieu, dina milarian kuring ningali kasaksian ngeunaan jalma anu parantos aya tina panyawat (Hepatitis B sareng Kanker) ku Pimpinan Manusia Dr Harta ieu sareng anjeunna ogé masihan alamat email tina jalma ieu sareng mamatahan kami kudu ngahubungan anjeunna pikeun naon waé panyawat anu anjeunna bakal ngabantosan, janten kuring nyerat ka Kapala Dr Harta anu nyaritakeun anjeunna ngeunaan kuring (HERPES Virus) anjeunna ngawartoskeun kuring henteu hariwang yén kuring bakal diubaran !! hmm kuring henteu percanten deui ,, saatosna ogé prosedur sareng ubar anu dipasihkeun ku abdi ieu sababaraha minggu ka hareup kuring mimiti ngalaman parobahan sadayana kuring salaku Dokter ngajamin yén kuring parantos diubaran, saatos sababaraha waktos kuring angkat ka dokter kuring ka dikonfirmasi upami kuring tungtungna tiasa sembuh kasihatan éta BENAR, Janten babaturan kuring mamatahan nyaéta, upami anjeun ngagaduhan panyawat sapertos anu sanés sapertos hépatitis A, B, C, CANCER, HPV, HIV / AIDS, DIABETES 1 AND 2, PENIS MASALAH, PEMBANGUNAN DARAH DENGAN, EKLUKAN LUKU, PELUPUSAN PENIS DAN SUKU deui ....... anjeun tiasa ngirimkeun email ka> (wealthylovespell@gmail.com) atanapi nyauran sareng Whats App anjeunna dina +2348105150446, kuring nganuhunkeun pisan pikeun bantosan na. abdi bakal salawasna nyarankeun anjeun ka réréncangan !!! Hatur nuhun.

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

credit for cara membuat email - Copyright of Ameh Cageur.